Revitalisasi Kawasan Bendungan Pice, PT Timah Tbk Tanam Pohon Buah-buahan

    Revitalisasi Kawasan Bendungan Pice, PT Timah Tbk Tanam Pohon Buah-buahan

    BELITUNG TIMUR - PT Timah Tbk melaksanakan penanaman pohon buah-buahan tahap awal di kawasan Bendungan Pice, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (23/12/2021). 

    Penanaman pohon ini sebagai bentuk dukungan PT Timah Tbk untuk merevitalisasi kawasan Bendungan Pice yang menjadi sumber air baku masyarakat sekitar. Sebagaimana diketahui Bendungan Pice sempat rusak akibat dihantam banjir. 

    PT Timah Tbk bersama Pemerintah Kabupaten Belitung Timur direncanakan akan melakukan penanaman pohon seluas 18 hektar di kawasan Bendungan  Pice. Hal ini juga sebagai komitmen PT Timah Tbk untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

    Kegiatan penanaman ini turut dihadiri General Manager PT Timah Tbk Wilayah Bangka Belitung, Robertus Bambang Susilo, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar, Camat Gantung Yusmawandi, Danramil Gantung Hermansyah, Kepala Unit Produksi Belitung Sigit Prabowo, Kades Lenggang Fachrizal, Kades Selinsing Harianto, dan perwakilan CV Selby Selumar Edi Pincang.

    BERITATERBARU.CO.ID
    market.biz.id BERITATERBARU.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Nantinya, untuk penanaman dan pemeliharaan pohon-pohon akan dilakukan oleh Mitra PT Timah Tbk CV Selby Selumar dan Komunitas Hutan Edukasi Lingkungan Pice Beltim atau HELP Beltim.

    Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengatakan, bahwa lokasi itu terkikis oleh banjir rob, namun PT Timah Tbk bersama dengan Pemerintah akan merevitalisasi kawasan ini agar kembali menarik. Berharap lokasi itu agar memiliki makna tersendiri, seperti penanaman buah yang berasal dari Belitung.

    "Jadikan kawasan ini ramah lingkungan, ramah untuk bergaul, ramah dalam segala hal, dan Pemda tetap akan dukung itu, dan PT Timah Tbk akan dorong itu, " sebutnya Wabup

    Sementara itu, Camat Gantung Yusmawandi bersyukur dengan adanya penanaman kembali tanaman buah-buahan diarea reklamasi samping bendungan Pice mulai dibenahi dan ditata kembali. 

    Honda Civic FD 2009 Ganteng Poll
    market.biz.id Honda Civic FD 2009 Ganteng Poll
    Rp 125.000.000
    Beli sekarang!

    " Alhamdulillah dengan adanya penanaman kembali itu, bisa menambah daya tarik, apalagi berbagai jenis buah-buahan, " kata Yusmawandi.

    Menurutnya, melihat kondisi bendungan Pice masih relatif aman jika kondisi hujan lebat, dan diharapkan memang tidak ada penambangan ilegal diseputaran air yang ada dibendungan Pice. Hal ini mengingat air yang ada sangat keruh dan tidak dapat pergunakan untuk PDAM atau tidak bisa diminum dikarenakan panyaluran ke rumah-rumah harus menggunakan  zat kimia untuk menjernihkannya.

    " Peran bendungan Pice untuk masyarakat sekitar sebetulnya untuk keperluan seharian rumah tangga selain untuk irigasi dimusim kemarau, " bebernya.

    Kemudian kata Yusmawadi  dukungan yang ada dibuat areal reklamasi mudah-mudahan menambah spot-spot wisata baru, serta nantinya berkelanjutan didukungan UMKM dan kegiatan lainnya.

    " Kedepannya wilayah kecamatan Gantung, khususnya area seputaran Pice menjadi tempat wisata dalam menunjang ekonomi  masyarakat dan pemasukan APBDdes desa. Ayo kita sama-sama menjaga dan jangan merusak lingkungan lagi, karena sudah ditata dan menjadi area spot wisata yang baru, " terangnya. (*/HMF)

    Helmi M Fadhil

    Helmi M Fadhil

    Artikel Sebelumnya

    Operasi Pasar Murah Nataru Bonus Satu Ekor...

    Artikel Berikutnya

    Polres Beltim Kerahkan 250 Personil Pengamanan...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 65

    Postingan Tahun ini: 2739

    Registered: Jul 17, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 64

    Postingan Tahun ini: 2144

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 25

    Postingan Tahun ini: 790

    Registered: Nov 15, 2021

    Wijaya

    Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 24

    Postingan Tahun ini: 807

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Kpt Arm Witono: Mari Sosialisasikan Bahaya Narkoba
    Dandim 0620/Kabupaten Cirebon,Danyon Arhanud-14/PWY, Danlanal Cirebon Beri Kejutan Hari Bhayangkara ke-76 ke Kapolresta Cirebon
    Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76, Ribuan Peserta Berpartisipasi Dalam Lomba Burung Berkicau Yang Digelar Polres Pekalongan
    Wujud Kekompakan, Babinsa Koramil 0809/05 Grogol, Bersama Tiga Pilar Desa Wonoasri, Gotong Royong Kerja Bakti Bikin Jalan Tembus

    Rekomendasi

    GP Ansor Laksanakan Halal Bi-Halal dan Akreditasi Organisasi
    Pagelaran Wayang Kulit, Kapolri: Pelestarian Budaya Hingga Dekat dengan Masyarakat 
    Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Beltim Gelar Doa Bersama Lintas Agama 
    Danlanud Abdulrachman Saleh Hadiri Penyerahan Sertifikat Aset TNI AU dari Menteri ATR/BPN
    Zainal Bintang: Teater Politik Indonesia, Drama Tirani Ambang Batas

    Ikuti Kami