Bangka Belitung Tuan Rumah Kongres Halal Pertama di Dunia, Rombongan Kunjungi Beltim

    Bangka Belitung Tuan Rumah Kongres Halal Pertama di Dunia, Rombongan Kunjungi Beltim

    BELITUNG TIMUR – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi Tuan Rumah Kongres Halal Internasional 2022. Kabupaten Belitung Timur pun ikut memeriahkan Kongres yang pertama kali digelar Indonesia tersebut.  

              Sebanyak 40 orang, rombongan anggota Kongres mengunjungi Kabupaten Beltim. Diantaranya Duta Besar Azerbeijan dan Keluarga, tamu asing dari Spanyol dan India serta pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

    KAMPAI.CO.ID
    market.biz.id KAMPAI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

              Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar menyambut dan menemani rombongan mulai dari Bandara Hanandjoedin, SD Laskar Pelangi, serta Sholat Ashar di Mesjid Yusuf Bakri. Sedangkan Bupati Beltim Burhanudin menyambut rombongan di Guest House A1 Bukit Samak.

              “Intinya (kunjungan ke Kabupaten Beltim-red) kita ingin silaturahhim, berkenalan dengan tuan rumah, penyelenggara Kongres Halal Internasional. Karena kita sudah disambut, sudah disiapkan segala sesuatunya sudah barang tentu ya kita datang dengan salam juga dan minta doa supaya apa-apa yang diputuskan dalam Kongres itu bisa diimplementasikan, ” kata Ketua MUI Pusat KH M. Shodikun.

    XPRESS.CO.ID
    market.biz.id XPRESS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

              Kunjungan ke Kabupaten Beltim juga menurut Shodikun untuk melihat implementasi sertifikasi halal yang ada di Provinsi Babel, termasuk juga di Pangkalpinang sebagai Kota penyelenggara Kongres Halal Internasional 2022.

    OTOSATU.COM
    market.biz.id OTOSATU.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

              “Para perwakilan ini kita undang untuk ke Belitung Timur ini untuk mengetahui bagaimana situasi pasca halal di kedua daerah ini. Dan Alhamdulillah kita sudah melihat sendiri bagaimana implementasinya di sini, ” ujar Shodikun yang didampingi Steering Comittee Kongres Halal Internasional Rofiqul Umam Ahmad.  

              Lebih lanjut Rofiqul mendorong agar Pemprov dan Pemkot serta Pemkab yang ada di Provinsi Babel dapat meningkatkan industri halal dan kualitas kehalalal produknya.

              “Kita berharap produk-produk yang ada di sini mendapatkan sertifikasi halal, khususnya bagi yang belum. Bagi yang sudah dapat diterapkan terus, ” harap Rofiqul.

              Kongres Halal Internasional 2022 digelar MUI Pusat selama dua hari, dari 14-15 Juni 2022 di Kota Pangkal Pinang Provinsi Babel. Kongres menyepakati 9 resolusi halal dunia.

    WARTA.CO.ID
    market.biz.id WARTA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

     

              Berikut 9 Rosolusi Halal Dunia Kongres Halal Internasional 2022

    1.     Meningkatkan percepatan pengembangan industri halal dan pariwisata halal, sebagai pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional dan global pasca pandemi.

    2.    Mewujudkan proses sertifikasi halal yang mudah, murah, profesional, berintegritas, termasuk menjunjung etika.

    3.    Melakukan gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam peningkaran pembinaan, penilaian dan pengawasan, terhadap kompetensi dan profesionalisme tata kelola sertifikasi halal baik tingkat nasional dan internasional.

    Nasi Goreng Spesial
    market.biz.id Nasi Goreng Spesial
    44% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    4.    Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui pengembangan kurikulum berorientasi pasar industri halal dan pariwisata halal di semua jenjang pendidikan, terutama perguruan tinggi, sebagai kontribusi nyata bidang penddidikan dalam mendukung indonesia sebagai pusat halal dunia.

    5.    Mendorong penguatan kolaborasi dan sinergi antar unsur supply dalam ekosistem halal. Kolaborasi terdiri dari partisipasi masyarakat, industri halal, commercial finance dan social finance.

    6.    Mendorong inovasi dan tumbuhnya sektor ekonomi kreatif yang adaptif terhadap teknologi digital di setiap tahapan halal value chain.

    7.    Mendorong adanya insentif yang memadai bagi pelaku usaha industri halal, termasuk UMKM dan kawasan industri halal.

    8.    Mendorong percepatan perkembangan wisata halal dengan mempertahankan inklusifitas sebagai arus utama tujuan wisata, untuk berbagai wisatawan melalui aksi strategis dan komprehensif oleh pemangku kepentingan

    9.    Mendorong fatwa MUI sebagai rujukan standar halal global dalam rangka harmonisasi standar. Sehingga, peningkatan pertumbuhan perdagangan produk halal dan pariwisata halal dapat terus meningkat.

    Sumber: SC Kongres Halal Internasional 2022. (HMF)

    Helmi M. Fadhil

    Helmi M. Fadhil

    Artikel Sebelumnya

    Diguyur Hujan, Warga Desa Air Selumar Antusias...

    Artikel Berikutnya

    Bhayangkara Grasstrack Kapolres Belitung...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 65

    Postingan Tahun ini: 2739

    Registered: Jul 17, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 64

    Postingan Tahun ini: 2144

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 25

    Postingan Tahun ini: 790

    Registered: Nov 15, 2021

    Wijaya

    Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 24

    Postingan Tahun ini: 807

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Kpt Arm Witono: Mari Sosialisasikan Bahaya Narkoba
    Dandim 0620/Kabupaten Cirebon,Danyon Arhanud-14/PWY, Danlanal Cirebon Beri Kejutan Hari Bhayangkara ke-76 ke Kapolresta Cirebon
    Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76, Ribuan Peserta Berpartisipasi Dalam Lomba Burung Berkicau Yang Digelar Polres Pekalongan
    Wujud Kekompakan, Babinsa Koramil 0809/05 Grogol, Bersama Tiga Pilar Desa Wonoasri, Gotong Royong Kerja Bakti Bikin Jalan Tembus

    Rekomendasi

    GP Ansor Laksanakan Halal Bi-Halal dan Akreditasi Organisasi
    Pagelaran Wayang Kulit, Kapolri: Pelestarian Budaya Hingga Dekat dengan Masyarakat 
    Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Beltim Gelar Doa Bersama Lintas Agama 
    Danlanud Abdulrachman Saleh Hadiri Penyerahan Sertifikat Aset TNI AU dari Menteri ATR/BPN
    Zainal Bintang: Teater Politik Indonesia, Drama Tirani Ambang Batas

    Ikuti Kami